Footnote

Diperbaharui 1 Des 2021

Kuliah di Khartoum International Institute for Arabic Language

Meutia Rahmah
Meutia Rahmah

KIIFAL (Khartoum International Institute For Arabic Languange) atau dalam bahasa arab dikenal dengan Ma’had Khartoum Addauly lil lughah Arabiah adalah perguruan tinggi yang ada di negara Sudan. Di sanalah saya mendapatkan banyak ilmu dan pelajaran hidup yang berharga.

Kalau tidak ada paksaan dari orang tua untuk mengikuti seleksi beasiswa yang diprakarsai pemerintah provinsi Aceh pada tahun 2008 mungkin saya tidak akan pernah menginjakan kaki di tempat tempat tersebut.

Tahapan

Proses yang harus dilalui dari seleksi tersebut lumayan panjang. Mulai dari pendaftaran hingga tes tulis berjalan kurang lebih sekitar 4 bulan, dari bulan Mei hingga Agustus. Semua materi tes ini sesuai dengan jurusan yang dipilih peserta. Bagi mereka yang memilih Timur Tengah sebagai destinasi maka materinya akan berkenaan dengan bahasa arab.

Setelah lulus dari tes tulis saya harus melanjutkan ke tahap berikutnya, dimana saya harus melakukan interview dengan topik yang sesuai dengan jurusan yang dipilih. Karena saya memilih pendidikan bahasa Arab maka sesi wawancaranya pun menggunakan bahasa Arab.

Lega rasanya setelah melewati tahapan tersebut, tapi perjuangan ini belum usai. Saya diminta untuk menulis sebuah tulisan singkat menggunakan bahasa Arab dalam waktu 20 menit. Isinya kurang lebih tentang kehidupan serta harapan nantinya jika lulus seleksi ini.

Pelatihan

Dan akhir tahun tiba. Nama-nama yang lulus seleksi akhirnya diumumkan lewat salah satu surat kabar daerah. Jam masih menunjukan pukul 6.40 pagi handphone pun beberapa kali berdering menerima sms, ketika dibuka ternyata isinya ucapan selamat karena nama saya termasuk yang lulus. Sempat kanget dan tidak percaya, dari kos langsung menuju kios penjual koran untuk memastikan berita tersebut dan alhamdulillah teryata bukan mimpi.

Ah ternyata perjalanan masih panjang setelah dinyatakan lulus ternyata saya harus mengikuti pelatihan selama 6 bulan. "Pasti akan melelahkan" pikir saya, ditambah lagi dengan banyaknya tugas dan jadwal kuliah.

Pelatihannya dimulai di awal tahun, di bulan Feruari 2009. Meskipun membuat aktivitas menjadi padat, saya masih bersyukur karena jadwalnya tidak bentrok dengan kelas kampus. Pagi sampai siang kuliah lalu pulang untuk istrirahat sebelum mengikuti pelatihan hingga sore hari.

Memilih Sudan

Singkat cerita saya dinyatakan lulus setelah mengikuti tes akhir di pelatihan tersebut. Sekarang waktunya untuk menentukan negara mana yang akan menjadi tujuan. Setelah mencari informasi dari teman-teman yang sedang kuliah di timteng akhirnya jatuhlah pilihan hati pada negara Sudan.

Sudan dikenal dengan cuacanya yang panas, selain itu biaya hidup disana mahal bila dibandingkan destinasi lainnya, ditambah lagi negara tersebut sedang mengalami konflik. Kalau begitu kenapa tidak memilih Mesir, Maroko, Tunisia, atau negara lainnya?

Meskipun begitu, dinegara ini terdapat kampus dengan jurusan pendidikan bahasa Arab seperti yang saya inginkan sedangkan di negara lainnya hanya ada jurusan sastra arab bukan pendidikan bahasa arab, jadi karena itulah saya memilih Sudan.

Pendaftaran

Tahap awal mendaftar di kampus ini dengan menyerahkan ijazah S1 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa arab, pas foto, foto copy paspor, akte kelahiran. Setelah pendaftaran maka dari pihak kampus akan memberikan qabul mabda i (surat keterangan telah terdaftar), qabul ini berisi bukti pendaftran dan juga jadwal untuk mengikuti tes masuk.

Setelah mendapatkan qabul mabda di Juli 2009 saya pun berangkat ke sana untuk mengikuti tes masuk tentu saja S2 di PTN Aceh harus ditinggalkan tanpa mengambil cuti non aktif, padahal waktu itu sudah dalam tahap mempersiapkan proposal tesis.

Materi tes semuanya berkenaan dengan bahasa arab yaitu nahu, sharaf, balaghah, a’rudh serta insyak, menunggu selama 3 minggu akhirnya lulus tes masuk dengan nilai yang memuaskan.

Biaya & Perkuliahan

Untuk masalah biayanya menurut saya hampir sama dengan S2 di Indonesia, total yang dibutuhkan untuk kuliah dikampus ini lebih kurang $2500. Biaya tersebut sudah termasuk dengan asrama. Berikut ini mata kuliah yang dipelajari setiap semesternya.

Semester I

Semester II

Semester III

Semester IV

Metode dan tehnik pengajaran kemahiran berbahasa

Tes dan Evaluasi Bahasa

Studi Bahasa Arab Modern

Tesis

Pengantar linguistik Modern

Analisa konstraktif dan kesalahan

Micro Teaching

Penggunaan komputer dalam pengajaran

Lingusitik

Psikologi Bahasa Arab

Kebudayaan dan Peradaban Islam- Arab

Metode pengajaran ilmu-ilmu keislaman

Sosiologi Bahasa Arab

Nahwu dan Sharaf

Desain kurikulum Bahasa Arab

Survei Bahasa (praktek lapangan)

Tehnologi pengajaran

Balaghah dan Kritik Sastra Arab

Metode pengajaran ketrampilan bahasa arab

Fonologi

A’rud (Buhur dalam syair Arab)

Praktek mengajar Lapangan

Semantik dan Leksikologi

Metodologi Penelitian

Mata kuliah di atas sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, sebenarnya banyak hal yang ingin saya ceritakan tentang kampus ini supaya menjadi referensi bagi yang ingin melanjutkan S2 ke luar negeri dan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Insyaallah postingan selanjutnya akan saya tulis lebih mendetail.

Tulisan ini bukan untuk menyombongkan diri namun untuk memberikan motivasi bagi yang membacanya bahwa siapa pun bisa punya cita-cita tinggi tapi harus diiringi usaha dan do’a, semoga bermanfaat.

Allah yubariik fiik...

Banner Blog Competiotion 320x160
almamater
khartoum
kuliah
sudan

© 2022 Meutia Rahmah All Rights Reserved