Teknologi

Semua Bisa Go Digital Dengan Wordpress Hosting

Meutia Rahmah
Meutia Rahmah

Tingginya penetrasi internet dari waktu ke waktu memperlihatkan begitu besarnya peluang usaha yang bisa didapatkan secaraĀ online. Untuk dalam negeri saja ada sekitar 200 juta lebih pengguna internet yang bisa dijadikan pasar potensial bagi para pelaku usaha di tanah air. Maka tidak heran kalau pemerintah mencanangkan target 30 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)Ā go digital di tahun 2024 nanti.

Dalam konteks ini yang dimaksud denganĀ go digital itu adalah aktivitas bisnis yang mencakup pemasaran sekaligus penjualan daring melalui platform digital seperti media sosial,Ā marketplace (lokapasar) hingga website sampaiĀ landing page yang dikelola secara mandiri. Yang jadi pertanyaan, apakah para pelaku usaha kecil mau mengadopsi cara-cara seperti itu?Ā 

Platform Digital

Dalam persepsi mereka yang awam, berurusan dengan teknologi cenderung diidentikan dengan hal-hal yang rumit dan membutuhkan biaya yang besar. Maka wajar juga jika para pelaku usaha kecil enggan untuk melakukan digitalisasi, padahal dalam realitasnya belum tentu begitu.

Sebut saja media sosial dan lokapasar. Platform tersebut bisa diakses secara gratis dan sudah sejak lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat luas. Dengan begitu siapa pun bisa menggunakan keduanya tanpa kendala yang serius. Selebihnya cukup amati tiru dan modifikasi hal-hal yang dilakukan oleh mereka yang sudah lebih dulu sukses.Ā 

Kalau begitu bisa disimpulkan bahwa pengaplikasian platform digital pada kegiatan UMKM ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Mudah, murah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisa mengoperasikannya. Tapi perlu dicatat, media sosial dan lokapasar saja tidak akan cukup! Dalam kondisi tertentu akan ada kebutuhan khusus yang hanya bisa didapatkan dengan mengelola website secara mandiri.

Website untuk UMKM

Secara teknis akan ada beberapa tahapan rumit yang harus dilalui dalam proses pembuatan website. Tapi itu dulu, perkembangan teknologi dan ketersediaan layanan komputasi awan memungkinkan proses pembuatan website jauh lebih praktis tanpa harus merekrut programmer pun mengeluarkan biaya yang besar.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari produk seperti itu. Di dalam negeri sendiri ada IDCloudhost yang sudah cukup lama dikenal sebagaiĀ Cloud Provider Indonesia dengan reputasi baik. Nah, salah satu produk mereka yang patut dijadikan rekomendasi adalah Wordpress Hosting.Ā 

Apa yang ditawarkan oleh layanan ini pada dasarnya adalah hal-hal esensial yang dibutuhkan oleh pemula yang baru merintis usaha online yaitu kemudahan dan biaya yang murah. Bayangkan saja hanya dengan berlangganan 5 ribu rupiah per bulan kita akan mendapatkan Wordpress yang ditenagai oleh teknologi serverless.

Bagi yang belum familier Wordpress itu adalah aplikasi webĀ open source yang bisa dikustomisasi untuk membangun toko online, landing page hanya dengan memasang tema dan plugin yang bisa dibongkar pasang. Di sisi lain serverless adalah istilah yang merujuk pada layanan instan dimana urusan teknis seperti konfigurasi domain, server, database dan yang lainnya akan diurus oleh penyedia layanan.

Wordpress Hosting

Bagi yang tertarik untuk mencoba layanan Wordpress Hosting dari IDCloudhost ini silahkan ikuti panduan cara pemesanan paket sekaligus pembuatanĀ landing page dengan memanfaatkan tema gratis dengan CMS Wordpress. Buka tautan ini, jika sudah geser sedikit tepatnya ke bagian harga.Ā 

Paket yang tersedia diurutkan berdasarkan klasifikasi Entry dan Expresso. Dengan asumsi usaha kecil maka paket yang dipilih masuk ke dalam kategori Entry dengan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB. Arahkan kursor ke paket yang diinginkan lalu klik tombol pesan sekarang.

Wordpress Hosting

Tahapan berikutnya adalah membeli domain untuk 1 tahun kedepan. Centang opsiĀ register a new domain lalu isi form yang berada di bawahnya dengan nama domain yang dikehendaki. Sebagai catatan pilih yang berhubungan dengan usaha. Jika nama tersebut tersedia maka klik tombolĀ continue.

Memilih domain

Untuk siklus penagihan pilih yang sekiranya nyaman dan sesuai dengan kemampuan finansial. Setelah itu isi data yang akan digunakan untuk login sebagai admin di website Wordpress nanti. Klik tombolĀ continue.

Di langkah ke 3 centang DNS Management sedangkan opsi lainnya biarkan kosong.

DNS Management

Di tahap terakhir pemesanan paket Wordpress Hosting ini ada 2 bagian penting yang harus diisi yaitu data billing untuk pembuatan akun di IDCloudhost dan pemilihan metode pembayaran. Jika sudah langsung saja klik tombol checkout.

Lakukan segera pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih. Setelah terkonfirmasi oleh sistem maka akan ada email masuk berisi detil login beserta alamat URL website Wordpressnya. Mudah bukan?Ā 

Membuat Landing Page

Meskipun sudah bisa diakses oleh publik tapi website belum sepenuhnya selesai. Untuk membuat tampilan dan fungsionalitasnya berubah menjadiĀ landing page perlu dipasang tema baru. Tema tersebut bisa dicari melalui panel admin atau dashboard website yang sudah dibuat sebelumnya.

Login sebagai admin melalui alamat yang diberikan lewat email. Jika berhasil masuk Wordpress akan mengarahakan kita ke halaman dashboard. Klik tombolĀ appereance danĀ add new theme.

appereance

Ketikan kata kunci "astra" pada kolom pencarian, jika muncul arahkan kursor ke arahnya lalu klik tombol install. Setelah terpasang klik tombol activate.

memasang tema

Berikutnya kita akan memilih template yang siap pakai. Klik submenu starter template di bagian appereance lalu pilih yang sesuai usaha yang dijalankan. Dalam contoh ini yang dipilih adalah organic store. Setelah konfigurasi logo dan font selesai isi formnya lalu tunggu sampai template dan plugin yang dibutuhkan terpasang.Ā 

template

Mudah dan Murah

Ternyata hanya butuh beberapa menit saja untuk membuat sebuah website. Proses yang sebelumnya rumit dan memakan biaya waktu yang panjang kini bisa menjadi ringkas dan praktis. Dalam spektrum yang lebih luas Wordpress Hosting adalah contoh penerapan teknologi yang cocok untuk digunakan oleh semua orang yang ingin go digital.

Nah, tugas berikutnya adalah ekplorasi fitur Wordpress dan tentu saja mengganti kontenā€” dari starter template yang dipilih melalui menu yang ada di dashboard. Sebagai studi kasus, hasil akhir dari panduan ini bisa dilihat diĀ https://meutia.hack.id.

Banner Blog Competiotion 320x160
Serverless
UMKM
Website
Wordpress

Ā© 2022 Meutia Rahmah All Rights Reserved