Footnote

Diperbaharui 22 Nov 2021

Universitas yang Bisa Kamu Pilih jika Kuliah di Sudan

Meutia Rahmah
Meutia Rahmah

Selain Eropa dan Amerika, ternyata negara-negara di Timur Tengah dan Afrika pun menjadi destinasi favorit para mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, terutama untuk ilmu agama dan bahasa Arab.

Sudan adalah salah satunya. Negara yan berada di benua Afrika ini ternyata punya beberapa Universitas yang tidak kalah berkualitas jika dibandingkan dengan Mesir dan Arab Saudi.

International University of Africa - جامعة افريقا العالمية

Unversitas ini adalah perguruan tinggi yang pertama eksis di Sudan, Jenjang pendidikannya dimulai dari Strata satu, Magister hingga Doktoral. Fakultas-fakultas yang ada diantaranya fakultas syariah dengan kosentarsi jurusan syariah dan hukum, jurusan studi Islam.

Selain fakultas-fakultas dengan kosenterasi ilmu agama dan bahasa Arab terdapat juga fakultas-fakultas lainnya seperti fakultas kedokteran, tehnik, dan fakultas ilmu komputer.

Mahasiswa Indonesia banyak yang sedang menempuh studinya di universitas ini pada jurusan ilmu agama dan bahasa Arab. Letaknya juga strategis tidak jauh dari pusat ibukota Khatroum, fasilisitas yang terdapat di kampus ini diantaranya yaitu asrama bagi mahasiswa juga mahasiswi, perpustakaan hingga masjid.

Untuk masuk universitas ini dengan mengikuti tes yang diadakan oleh pihak kampus, atau bisa juga mencoba melalui jalur beasiswa Kementerian Agama yang dibuka setiap tahunnya.

Untuk informasi silahkan kunjungi websitenya di www.iua.edu.sd

Oumdurman Islamic University - جامعة ام درمان الاسلامية

Universitas ini terletak di Oumdurman yang merupakan salah satu kota terbesar di Sudan. Kampus ini juga menjadi pilihan mahasiswa Indonesia, jenjang pendidikan juga dimulai dari strata satu hingga progragram Doktoral.

Fakutas-fakultas yang ada di kampus ini diantaranya tafsir, hadits, kebudayaan, Ushul Fiqh, perbandingan agama dan pemikiran modern. Selain ilmu agama juga terdapat pilihan lain seperti fakultas ekonomi, tehnik dll.

Biaya kuliahnya lumayan mahal, untuk S2 sekitar $7.000 dolar dan S3 $10.000. Biasanya yang memilih untuk kuliah di kampus ini adalah mereka yang mendapatkan beasiswa.

Untuk mengakses informasi kampus ini silahkan klik website www.oiu.edu.sd

Khartoum International Institute For Arabic Language - معهد الخرطوم الدولى

Sesuai dengan namanya, Khartoum International Institute for Arabic Language, di kampus ini hanya ada jurusan Pengajaran bahasa Arab untuk Non Arab, Jenjang pendidikannya hanya ada strata satu dan program Magister sedangkan untuk program doktoral belum ada.

Fasililitas yang bisa di dapat di kampus ini seperti asrama, perpustakaan hingga masjid. Kampus ini letaknya bersebelahan dengan International University Of Africa.

Saat ini jenjang pendidikan yang tersedia di Khartoum International Institute For Arabic Language (KIIFAL) dimulai dari strata satu dan program Magister hingga doktoral.

University Of Holy Qur’an and Islamic Sciences - جامعة القرآن الكريم والعلوم الاسلامية

Kampus ini terletak di Oumdurman dan dekat dengan sungai Nil, sehingga view dari kampus ini sangat indah. Fakultas dan jurusan yang tersedia seperti Fakultas Al-qur’an dengan jurusan Al-Qur’an, Qiraah dan Sejarah, fakultas Syariah dengan jurusan Syariah dan hukum, Fiqh dan Ushul Fiqh, dan fakultas bahasa Arab dengan jurusan bahasa Arab dan kritik sastra, jurusan nhwu dan shorof.

Biaya kuliahnya berkisar $5.000 sampai $7.000. Untuk mengakses informasi silahkan klik websitenya di www.quran-unv.edu.sd

afrika
kuliah
sudan
universitas

© 2021 Meutia Rahmah All Rights Reserved