Teknologi

Migrasi dari Hugo ke Next.js

Meutia Rahmah
Meutia Rahmah

Kalau dihitung-hitung sekarang ini adalah tahun ke 3 dimana saya menggunakan framework web statis Hugo. Lumayan lama juga sih, tapi karena ada kebutuhan lain maka saya memutuskan untuk melakukan migrasi lagi.

Satu hal yang membuat migrasi ini lebih istimewa dari yang sebelumnya adalah penggunaan domain baru plus kembali lagi harus menggunakan CMS dalam pengelolaan konten.

Kenapa Migrasi?

Semenjak pandemi Covid19 aktivitas mengajar jadi terganggu. Meskipun kelas masih bisa dilakukan secara daring namun dalam beberapa hal rasanya masih kurang efisien.

Sebagai contoh, tidak semua mahasiswa memiliki koneksi internet yang memadai, sedangkan video confrence dan aplikasi sejenisnya memerlukan bandwidth besar dan jaringan yang stabil.

Idenya sih sederhana, saya ingin meutia.net bisa menyimpan modul dan panduan belajar seperti video ataupun media yang lebih bersahabat untuk mahasiswa yang memiliki akses internet yang terbatas.

Ganti Domain

Sebetulnya berat juga untuk berganti domain. Selain faktor SEO, domain lama punya nilai historis bagi saya. Di sisi lain domain yang digunakan saat ini lebih pendek dan mudah diingat.

Lumayan susah juga mencari domain dengan 6 karakter, bisa dibilang momen langka dan baru bisa didapatkan sekarang. Semoga saja domain meutia.net bisa lebih membawa manfaat dan keberkahan.

Teknologi Baru

Meutia.net akan terbagi menjadi 2, yaitu konten web yang memerlukan SEO dan aplikasi kelas daring yang dikhususkan untuk menyimpan bahan belajar dari mata kuliah yang saya ampu.

Untuk backend dan pengelolaan konten SEO saya menggunakan GraphCMS. Selain antarmukanya yang mudah dimengerti, cms ini sudah siap pakai jadinya tidak perlu memikirkan soal hosting.

Nah, karena CMS-nya headless maka saya harus memiliki frontend beserta hostingnya. Pilihannya jatuh pada Next.js karena kebutuhan yang ada saat ini frontend harus bisa menyajikan konten pre-render dan dinamis secara bersamaan.

Last but not least adalah hosting. Karena Next.js sendiri dikembangkan oleh Vercel dan teknologiyang mereka miliki bisa membuat Next.js lebih optimal maka saya pilih untuk menyimpannya disana.

Pros & Cons

Pindahan seperti ini tentu ada enak dan gak enaknya, yang pasti lebih banyak hal yang harus dikelola. Untungnya mayoritas teknologi yang digunakan bersifat instan, jadinya tidak begitu ribet.

Enaknya website bisa menjadi lebih dinamis, dan mungkin lebih unggul dalam hal UX karena transisi halaman lebih halus. Bagaimana menurut kamu, apakah lebih baik dari sebelum migrasi?

migrasi
next.js
react
website

© 2021 Meutia Rahmah All Rights Reserved